Jurus Jitu ANTV Memonetisasi Tayangan India

Menginjak usianya yang ke-24, kinerja ANTV tercatat makin cemerlang. Awal tahun 2017 ini, ANTV mampu menempati peringkat pertama di industri televisi nasional atau free to air—posisi yang selama ini diduduki oleh sang incumbent RCTI. Sukses ANTV, yang hingga Maret ini masih memimpin di kepemirsaan televisi nasional, tak lepas dari drama seri India yang hampir memenuhi 40% tayangan ANTV.

Sejatinya, menghadirkan tayangan India sebagai bagian strategi merebut hati pemirsa bukanlah hal baru. Langkah itu pernah dilakukan oleh stasiun TV kompetitor. Bedanya, yang membuat ANTV berhasil menjadikan tayangan India sebagai “mesin uang” baru adalah strategi pengemasan program yang mengedepankan engagement dan integrasi.

Dijelaskan Otis Hahijary, Managing Director ANTV, “Sebagai tayangan asing, kami tidak berhenti hanya pada menayangkan drama seri India ke ANTV. Namun, kami juga membuat program lainnya yang melibatkan para pemeran atau artisnya. Contohnya, ketika kami pertama kali menayangkan serial drama India berjudul 'Mahabharata' dan 'Uttaran' yang sangat direspon positif oleh pemirsa Tanah Air, kami selanjutnya membuat program serial drama berbahasa Indonesia dengan salah satu pemerannya adalah pemeran di Mahabharata. Bahkan, kami juga berusaha untuk menciptakan engagement dengan menggelar event off-air Meet & Greet dengan para pemeran di serial India tersebut.”

Hasilnya? Tak hanya on-air program ANTV yang berhasil direspon pemirsa lewat perolehan rating dan share penonton yang tinggi. Namun, pada saat off-air, aktivasi Meet & Greet ANTV selalu diantuasiasi oleh ribuan penonton. Buntutnya, tingginya kepemisaan program-program ANTV di on-air maupun off-air membuat para pengiklan antusias. Sejumlah merek pun menjadikan program-program India di ANTV--baik di on-air maupun off-air--sebagai kanal alternatif marketing dan komunikasi mereka. Sebut saja, Supermi, Energen, dan Roma Sari Kelapa yang tercatat sebagai sponsor loyal.

“Karena profil kepemirsaan program India adalah para wanita yang notabene pengambil keputusan untuk belanja rumah tangga, maka mayoritas pengiklan untuk tayangan India adalah kategori Fast Moving Consumer Goods (FMCG). Meski demikian, ada juga dari kategori Teknologi Informasi seperti situs belanja online,” papar Otis.

Masih memanfaatkan kekuatan dari tayangan India, maka pada Hari Ulang Tahun (HUT) ANTV ke-24 yang jatuh pada Jumat nanti (24/3), ANTV ingin mengulang sukses HUT sebelumnya yang bertajuk Indonesia Keren. Diterangkan Otis, pada HUT ke-24 ini, ANTV mengusung tema Indonesia Keren 2. “Sama seperti Indonesia Keren 1 yang mengusung budaya dan sejarah Indonesia berjudul 'Roro Jonggrang', maka legenda yang diusung pada Indonesia Keren 2 adalah 'Ken Arok dan Ken Dedes'. Para pemeran drama serial India yang masih tayang pun kami libatkan sebagai pemain utamanya,” ujarnya.

Pada Indonesia Keren 1, ditambahkan Otis, ANTV melibatkan para pemeran Mahabharata sebagai pemain di drama musikal Roro Jonggrang. Sementara itu, untuk pesta besar Indonesia Keren 2, ANTV melibatkan para pemeran di Mohabbatein, Archana Menari Cinta, Lonceng Cinta, dan Anandhi. Bedanya, Indonesia Keren 2 digelar di Jiexpo Kemayoran-Jakarta serta Jaipur-India, sedangkan Indonesia Keren 1 digelar di Candi Prambanan.

“Perbedaan lainnya adalah drama musikal Indonesia Keren 2 digelar interaktif di dua lokasi sekaligus, yakni di Jiexpo Kemayoran-Jakarta dan City Palace-Jaipur, India. Program yang akan digelar live mulai pukul 18.00 itu akan menyajikan perpaduan dua budaya dari dua negara, Indonesia dan India,” lanjut Otis.

Lantas, siapa saja para bintang India yang tengah “naik daun” di Indonesia maupun India, yang memerankan tokoh-tokoh drama kolosal “Ken Arok dan Ken Dedes”? Diungkapkan Otis, ada Karan Patel, aktor utama Mohabbatein yang berperan sebagai Ken Arok; Ankita Lokhande, pemeran utama Archana Mencari Cinta yang berperan sebagai Ken Dedes; Anita Hassanandhani, pemeran Shagun di Mohabbaten yang akan berperan sebagai Ken Endok; Aly Goni sebagai pemeran Romi di Mohabbatein yang akan memerankan Anusapati; dan Ruhika Dhawan sebagai Ruhi di Mohabbatein, yang akan berperan sebagai Dayang Kecil.

Selain bertabur bintang India, HUT ANTV ke-24 juga akan bergelimang artis-artis papan atas Indonesia. Sebut saja, Yama Carlos, Ayu Ting Ting, Jessica Iskandar, Vega Darwanti, Raffi Ahmad, Slank, Ruben Onsu, Eko Patrio, hingga Shaheer Sheikh—pemeran Arjuna di Mahabharata. “Indonesia Keren 2 merupakan salah satu wujud apresiasi kami kepada pemirsa yang membuat ANTV mampu menjadi nomro satu seperti sekarang,” tutup Otis.

Perayaan HUT ANTV ke-24 yang memadukan dua kebudayaan tersebut pun, rupanya sudah direspon oleh sederet sponsor, yang juga rajin menjadi sponsor di program-program serial India. Otis menyebutkan bahwa sejumlah merek sudah resmi menjadi sponsor utama pada HUT ANTV ke-24, yakni Supermi, Roma Biskuit Kelapa, dan Energen. Selain itu, ada juga merek Resik-Vd an UC News yang menjadi sponsor di Indonesia Keren 2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)